Mengatasi masalah Memory Internal 4GB Lenovo S920 dengan repartisi

Post berikut adalah catatan dan dokumentasi repartisi Internal Memori 4 GB Lenovo S920. Repartisi dilakukan karena tidak cukup ruang penyimpanan ketika akan install aplikasi.
Repartisi Lenovo S920
Biasanya phone/tablet android sekarang yang menggunakan chipset dari Mediatek menyediakan Internal Memory yang cukup besar yaitu berkisar 4GB, alokasinya di bagi 3 yaitu untuk System ROM berisi OS Android, Internal Storage tempat install aplikasi dan game kemudian Phone Storage tempat buat file dokumen, musik, video DLL. Pembagian kapasitasnya biasanya lebih banyak Phone Storage daripada Internal Storage.
Repartisi yang akan dilakukan adalah mempartisi ulang internal memory menjadi 2,5 GB untuk penyimpanan aplikasi kita, sisanya untuk phone storage dan OS.

Penting untuk disampaikan, bahwa repartisi ini akan merubah Lenovo S920 menjadi tidak standar pabrik, terutama karena ada proses rooting, so sebelum melakukan repartisi, ada baiknya dibanding-banding dulu untung ruginya, klik disini untuk mengetahui apa yang dimaksud rooting dan untung ruginya. Untuk pengetahuan, ketenangan kita dalam mengoprek Lenovo S920 dan untuk mengembalikan ke ROM standard : baca juga (OFFICIAL LOUNGE) LENOVO S920 disini.
Penting juga untuk disampaikan bahwa repartisi yang saya lakukan sukses, setelah 1 mingguan tidak ada masalah, install beberapa aplikasi lancar dan tidak ada penurunan performa.

Pra Install : Cek dulu Internal Memory di : Setelan, tab Semua pengaturan, Apl. lihat dan catat sisa internal memorynya, untuk dibandingkan nanti setelah proses repartisi selesai.

Langkah-langkah Repartisi :
1.  Download dan Install "Mobileuncle" dari PlayStore
Lakukan Backup IMEI, untuk jaga-jaga kalau terjadi error deteksi IMEI setelah proses repartisi, walalupun error deteksi IMEI mungkin terjadi karena mengganti rom bawaan dengan custom rom.
Cara Backup:
Masuk ke Mobileuncle Tools, pilih menu IMEI Backup Restore (MTK), Pilih Backup IMEI to SDCARD (MTK) -ini biasanya kartu memory- dan klik juga Backup IMEI to SDCARD2 (MTK) -ini biasanya memory ponsel. lakukan backup dikedua media.
Cara Restore :
masuk Mobileuncle Tools, pilih menu IMEI Backup Restore (MTK), pilih menu restore, dan akan muncul file hasil backup IMEI. Tinggal klik.
2.  Download bahan lainnya :
Penting untuk diketahui pada tahap ini, bahwa repartisi internal memori Lenovo S920 dibagi menjadi dua yaitu Repartisi Internal Memori untuk ROM Internasional (ROW Firmware) dan Repartisi Internal Memori untuk ROM China (MIUI, Lewa dan Vibe). Jadi pastikan  menggunakan file repartisi yang sesuai dengan ROM yang digunakan.
Untuk mengetahuinya, masuk ke : Setelan, tab Semua pengaturan, Tentang ponsel, Info versi (Repartisi yang telah sukses saya lakukan adalah pada ROM Internasional : S920_ROW_S114_xxxxx).
Tiga File untuk di download :
Nama Aplikasi Download Fungsi File 
1.Framaroot-1.9.3.apk

2.recovery.img

3.S920ROW_ReParted_Data_no_int_sd.zip  

3.S920_ReParted_Data_no_int_sd(Rom-china).zip  


  1. Framaroot-1.9.3.apk
  2. Recovery.img
  3. S920ROW_ReParted_Data_no_int_sd.zip atau S920_ReParted_Data_no_int_sd(Rom-china).zip


Simpan ke 3 nya di root SD Card
3.  Rooting :
  • Instal Framaroot-1.9.3.apk dan jalankan
  • Pilih SuperSU
  • Lalu pilih Boromir
  • Restart
  • Rooting berhasil, kalau ada Super User 
4.  Install CWM :
  • Jalankan Mobileuncle
  • Pilih menu Update Recovery
  • Pilih file recovery_6.img, tunggu sampai proses selesai
5.  Repartisi :
  • Lenovo kondisi OFF
  • Masuk ke CWM Recovery, tekan dan tahan 3 tombol Vol Up + Vol Down & Power (keterangan : setelah masuk CWM : Power=enter, Volume=naik/turun) 
  • Masuk ke CWM Recovery
  • Install S920_ReParted_Data_no_int_sd.zip dan tunggu hingga proses complete
  • Reboot Lenovo S920

Cek lagi Internal Memory di : Setelan, tab Semua pengaturan, Apl, dan silahkan bandingkan dengan sebelumnya.
Selesai sudah dokumentasi repartisi, ditambah dengan langkah pengamanan dan dukungan apabila ingin dikembalikan ke official Rom. Nyaris tidak ada alasan untuk takut melakukan repartisi, tapi semua tergantung kita, so... Resiko tanggung sendiri... (serem ya)... Good Luck.
Share on Google+ Share on Facebook Share on Twitter

Artikel Terkait :

Copyright © 2016. Blog KataraKoga - Template Picture Windows, dimodifikasi oleh Katarakoga