Resync subtitle dengan excel

Banyak cara / aplikasi untuk Sinkronisasi film dengan terjemahannya / subtitle, untuk yang familiar dengan aplikasi excel dari microsoft atau mau mencoba merubah waktu subtitle dengan memanfaatkan rumus dan fungsi excel, caranya cukup mudah : download file excelnya disini & buka, paste sub di worksheet 'Source (paste sub disni)', atur waktunya di worksheet 'waktu-resync', copy hasilnya di worksheet 'Sub setelah resync(rumus)' & paste di Notepad, simpan dalam bentuk srt. Cara lengkapnya sbb :
  1. Tonton filmnya & catat waktu yang tidak pasnya dalam detik.
  2. Buka File subtitlenya yang berektensi srt (hanya bisa srt, ass belum bisa), Ctr-A (block semua), Ctrl-C (Copy)
  3. Buka Excelnya (dibuat dengan Excel versi 2010), langkah-langkah di Excel sbb :
    • Pada worksheet 'Source (paste sub disni)' Hapus subtitle sebelumnya yang ada di worksheet tsb, caranya : Block semua dengan cara klik kotak kiri atas (sebelah kiri kolom A) dan tekan tombol Delete.
    • Klik kanan pada kolom A Rows 2 (rows 1 hidden & jangan unhide / ada rumus) & Paste kan subtitle srt yang telah di copy (lihat point 2).
    • Masuk ke worksheet 'waktu-resync' atur waktu dan mulai nomor berapa, biarkan sampai dengan nomor terkahirnya.
    • Masuk ke worksheet 'Sub setelah resync(rumus)', untuk cek & recek : subtitle yang dirubah waktunya, ditandai excel dengan warna hijau. Untuk mengcopy subtitle yang telah di resync, caranya : letakan kursor di posisi Row 2 kolom B, tekan tombol keyboard PgDn sampai dengan sub terakhir & Ctrl-C (copy).
  4. Buka Notepad baru, paste, simpan dengan ektensi srt, caranya pada 'save as type' rubah jadi all Files (*.*), dan pada File name beri nama file + .srt.
  5. Reload subtitle pada player
Contoh kasus yang ada di file exel adalah subtitle untuk film Mutant Chronicles dari filmapik.net yang saya resync mulai nomor 622.

Semoga bermanfaat
Share on Google+ Share on Facebook Share on Twitter

Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016. Blog KataraKoga - Template Picture Windows, dimodifikasi oleh Katarakoga